Selasa, 18 Maret 2014

ERD dan Class Diagram - Dosen


PERANCANGAN BASIS DATA
Perancangan basis data merupakan proses menciptakan perancangan untuk basis data yang akan mendukung operasi dan tujuan perusahaan (Connolly, 2002, p279).
Proses dalam perancangan dibagi menjadi tiga tahap:
1. Conseptual Database Design
2. Logical Database Design
3. Physical Database Design

Conseptual Database Design adalah proses membangun suatu model berdasarkan informasi yang digunakan oleh perusahaan atau organisasi, tanpa pertimbangan perencanaan fisik (Connolly,2002,p419).
A. ERD merupakan suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi. Class Diagram Merupakan diagram yang menunjukan adanya klas-klas dan hubungan dengan sudut pandang logika dari sebuah sistem.

- Entity berupa objek, tempat, orang, konsep, atau aktivitas. Pada teknik penggambaran dilambangkan dengan kotak.
- Attribut menjelaskan sifat-sifat dari sebuah Entity. Contoh: id_siswa, Nama, Alamat
- Relationships Merupakan penghubung di antara entity. Digambarkan dengan simbol belah ketupat. Contoh: hubungan diantara siswa dan guru sbb:
Tipe Relationship
1. One to One (1:1)
2. One to Many (1:m) atau Many to One (m:1)
3. Many to Many (m:m)

B. Class Diagram
Notasi yang digunakan
1. Class adalah blok-blok pembangun pada pemrograman berorientasi objek. Sebuah class digambarkan sebagai sebuah kotak yang terbagi atas 3 bagian. Bagian atas adalah bagian nama dan class. Bagian tengah mendefinisikan properti atribut class. Bagian akhir mendefinisikan method-method dan sebuah class.

2. Assosiation Contoh: Dilambangkan dengan sebuah garis yang menghubungkan antar 2 class, pada garis ini biasanya didukung oleh hukum-hukum Multiplicity dalam sebuah Relationship.One-to-one, one-to-many, many-to-many.

3. Composition, jika sebuah class tidak bisa berdiri sendiri dan harus merupakan bagian class yang baru. Maka class tersebut memiliki relasi composition terhadap class tempat dia bergantung tersebut. Sebuah relationship composition digambarkan sebagai garis dengan ujung berbentuk jajaran genjang berisi/solid.

4. Depedency, kadangkala sebuah class menggunakan class yang lain. Hal itu disebut dependency.  Umumnya penggunaan dependency digunakan untuk menunjukkan operasi pada suatu class yang menggunakan class yang baru. sebuah dependency dilambangkan sebagai sebuah panah bertitik-titik.

5. Aggregation mengindikasikan keseluruhan bagian relationship dan biasanya disebut sebagai relasi "mempunyai sebuah" atau "bagian dari". Sebuah aggregation digambarkan sebagai sebuah garis dengan sebuah jajaran genjang yang tidak berisi/tidak solid.

6. Generalization merupakan relasi dengan konsep berorientasi objek. sebuah genneralization dilambangkan sebuah panah dengan kepala panah yang tidak solid dan mengarah ke kelas "parent"/induknya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar